Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Sudah Tercemar Mercuri

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Agustus 2017 - 06:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan Hap Baperdo mengimbau warga agar tidak mengkonsumsi air Sungai Katingan tanpa terlebih dulu diolah. Pasalnya, air Sungai sudah tercemar zat berbahaya, termasuk mercuri.

"Meski kandungan pencemarannya tergolong rendah, namun kami tidak menganjurkan air Sungai Katingan ini dikonsumsi tanpa terlebih dahulu melalui proses pengolahan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Baperdo, Senin (21/8/2017).

Menurutnya, selain tercemar mercuri, air Sungai Katingan juga tercemar dari bahan lainnya, misalnya lumpur dan sampah. Yang boleh langsung mengkonsumsi air Sungai Katingan, yaitu ternak maupun untuk tanaman pertanian lainnya.

"Pencematan dari kebun sawit juga ada kemungkinn. Misalnya kebun sawit gunakan pupuk, racun rumput dan lainnya, sehingga saat, curah hujan tinggi, kekeruhan air sungai menjadi tunggi," katanya.

Banyaknya volume lumpur di sungai menyebabkan ikan tidak tahan hingga akhirnya mati. Sebab kekeruhan air menyebabkan ikan kesulitan bernafas, karena ada endapan lumpur yang lengket di insang ikan," katanya.

Hap Baperdo mengaku jika pihaknya setiap satu semester atau per enam bulan selalu mengadakan uji sampel air Sungai Katingan ini untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru