Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sarung Ungu yang Sempat Diamankan tak Terkait Kebakaran MAN Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Agustus 2017 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Walaupun dari pemeriksaan sementara kebakaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampit diduga kuat akibat korsleting listrik, namun sejumlah warga bertanya-tanya tentang sarung ungu yang sempat diamankan di samping pagar sekolah tersebut. Ternyata sarung ungu itu tak terkait kasus kebakaran itu.

Hal itu dikarenakan, adanya kecurigaan dengan sarung tersebut yang bisa saja digunakan untuk menutupi penyamaran pelaku pembakar sekolah. 

Namun, Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar mengatakan, sarung yang sempat  diamankan tersebut tidak ada kaitannya dengan musibah kebakaran yang menghanguskan enam ruang kelas di sekolah tersebut.

"Sarung itu hanya sebagai barang bukti karena kami curigai. Namun itu tidak ada kaitannya dengan kebakaran di MAN Sampit," ujar Muchtar, Selasa (22/8/2017).

Semua barang bukti yang diamankan baik kabel maupun sarung tersebut juga sudah diserahkan kepada Tim Labfor. Dari analisa tim sarung itu tidak menunjukkan ada berkaitan dengan kebakaran. 

Dari pemeriksaan sementara kebakaran tersebut akibat hubungan arus pendek listrik. Yang mana usia kabel yang sudah tua, yakni 38 tahun. Selain itu, klip penempel kabel di dinding yang seharusnya berbahan plastik, namun saat pemasangan menggunakan paku yang dibengkokkan. Sehingga korosi pada paku mengakibatkan kulit kabel rapuh dan terkelupas, hingga menyebabkan terjadinya korsleting. Dengan begitu memunculkan percikan api, yang kemudian mengenai atap bangunan sekolah yang berbahan kayu dan sirap. Api pun langsung membuat api membesar dan membakar enam ruangan sekolah tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru