Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan Jalan Masuk TPA Palingit Mulai Dikerjakan

  • 22 Agustus 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Peningkatan jalan lingkungan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Handil Palingit, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas dengan anggaran sebesar lebih dari Rp 3,4 mulai dikerjakan.

Akses jalan tersebut sebelumnya hanya berupa jalan tanah dan ditingkatkan menjadi jalan aspal oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas.

Kepala Bidang Pertemanan dan Kebersihan Dinas PUPRPKP Kapuas, Ahmad Esnaeni mengatakan, TPA Palingit saat ini hanya memiliki satu jalur masuk yang dilewati angkutan sampah. Pada tahun 2018 mendatang diharapkan tempat pembuangan akhir sampah tersebut bisa memiliki dua jalur, baik untuk masuk dan keluar. 'Itu terkait dengan perluasan adanya perluasan area TPA." kata Kabid Pertamanan dan Kebersihan Ahmad Isnaeni kepada Borneonews, Selasa(22/8/2017).

Ia menjelaskan kegiatan peningkatan jalan masuk TPA dengan anggaran sebesar Rp 3,4 miliar lebih tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAU) tahun 2017. Adapun waktu pelaksanaan proyek pengerjaan jalan TPA ini selama 150 hari yang dimulai dari 15 Juni ' 11 Nopember 2017 dengan penyedia PT Alian Jaya Utama Pusat Kuala Kapuas.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Kapuas, Teras ST mengatakan total panjang jalan TPA Palingit keseluruhan adalah 3,1 kilometer. Keseluruhan jalan masuk TPA tersebut akan langsung diaspal pada tahun ini. Hal itu dilakukan dalam rangka menunjang penilaian program Adipura.

'Kalau jalan TPA ini tidak kita benahi maka nilai Adipura untuk TPA Palingit bisa anjlok. Maka dari itu jalannya harus kita tingkatkan sampai aspal, 'kata Kepala Bidang Bina Marga Teras melalui sambungan telepon.

Menurut Teras, pembenahan jalan akses TPA dilakukan untuk memudahkan mobilisasi angkutan sampah menuju ke titik pembuangan akhir. Selain itu, perbaikan jalan TPA juga sesuai permintaan tim verifikasi Adipura agar jalan TPA yang mengalami kerusakan diperbaiki. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru