Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dia Tiga Besar Calon Rektor Universitas Palangka Raya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 23 Agustus 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Babak pertama pemilihan rektor Universitas Palangka Raya (UPR) telah berlangsung. Setelah penyampaian visi-misi pada pagi hingga siang hari, sorenya dilakukan pemilihan oleh 33 anggota senat univeritas.

Proses pemilihan berlangsung tertutup dalam satu ruangan di rektorat UPR. Tujuannya, menjaring tiga besar dari lima nama bakal calon yang mendaftar. Dan hasilnya, tiga besar bakal calon rektor itupun dikantongi panitia pemilihan.

Siapa tiga nama tersebut

Informasi yang dihimpun Borneonews, hasil pemilihan cukup mencengangkan karena ada yang sebagian di luar dugaan. Andrie Elia Embang meraup 8 suara, kalah jauh dari Joni Bungai yang meraup 22 suara.

Berikutnya, Danes Jaya Negara mengantongi 2 suara dan Sulmin Gumiri mengantongi 1 suara. Sedangkan Panji Surawijaya harus tersenyum dengan 0 suara.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPR I Nyoman Sudyana mengatakan, babak selanjutnya adalah penyerahan hasil pemungutan tahap pertama kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Meskipun pada saat pemaparan dan pemilihan tadi, ada Kepala Biro Sumber Daya Manusia pada Kemedikbud, Joko.

'Nanti pada 18 September 2017 akan dilakukan pemilihan kedua, itu jadwalnya. Jadi dari tiga besar ini akan dipilih satu nama. Nantinya akan dibeberkan mana yang rangking 1, 2, dan 3 perolehan suaranya. Kemungkinan Menteri yang akan hadir ke sini,' ungkap Nyoman.

Mekanisme atau sistem pemungutan suara untuk memilih rektor nantinya, sesuai ketentuan adalah suara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 35%, sedangkan senat universitas 65%. Artinya, jumlah pemilih dari Kemendikbud equivalen dengan 18 suara sedangkan senat universitas sejumlah 33 suara sesuai banyaknya anggota senat saat ini. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru