Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Kecamatan di Kobar Rawan Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Agustus 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tiga Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dianggap rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Di antaranya daerah pesisir dan pemukiman di Kecamatan Kumai, di jalur Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kolam," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion, Kamis (24/8/2017).

Selain mengungkapkan daerah rawan karhutla tersebut, kebiasaan masyarakat dalam membersihkan dan membuka lahan juga berpotensi menimbulkan kebakaran. "Biasanya saat masyarakat membersihkan lahan untuk kebun, seringkali daun dan rumput yang dibersihkan tersebut ditumpuk dalam beberapa gundukan dan kemudian dibakar," terang Hermon.

Meski akibat aktivitas tersebut tidak sampai terjadi karhutla, tim patroli tetap mengingatkan masyarakat yang sedang membersihkan atau membuka lahan perkebunan tersebut agar menjaga gundukan daun hasil membersihkan lahan agar api tidak menjalar dan dapat terkendali.

"Paling tidak di sekeliling gundukan daun-daun bekas pembersihan lahan yang dibakar dibuat batasan agar api tidak menjalar ke sana ke mari tidak terkendali hingga menyebabkan karhutla," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru