Selasa, 21 November 2017
 

 
Seruyan
 

Penyandang Disabilitas

SOPD di Seruyan Diminta Gugah Kesadaran Penanganan Disabilitas

 
 
Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir saat menyalami satu persatu penyandang disabilitas yang berada di Kuala Pembuang.

Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir saat menyalami satu persatu penyandang disabilitas yang berada di Kuala Pembuang.

Borneonews / Parnen

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Seruyan diminta membantu menggugah kesadaran semua pihak agar bersama peduli dan aktif dalam penanganan terhadap penyandang disabilitas.

Permintaan itu disampaikan Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir saat menghadiri kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) bagi penyandang disabilitas yang dilaksanakan Dinas Provinsi Kalteng, di KualaPembuang, Kamis (24/8/2017).

“Rasa kepedulian dan kesadaran yang aktif dalam penanganan penyandang disabilitas ini, juga sebagai upaya menumbuhkan kembali harga diri dan semangat agar hidup mandiri tanpa ketergantungan pada belas kasihan orang lain. Selain itu, serta mampu melaksanakan fungsi sosial secara wajar,” kata Yulhaidir.

Pemerintah daerah, lanjut dia, mengapresiasi adanya UPSK yang merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi para penyandang cacat atau penyandang masalahkesejahteraan sosial (PMKS) lainnya.

“Peran serta para kader rehabilitasi sosial masyarakat juga sangat diperlukan dalam penanganan penyandang disabilitas ini. Karena peran mereka menjadi ujung tombak di lapangan seperti sebagai pendata calon penerima layanan dari tim UPSK,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan UPSK dinilai penting karena untuk mengetahui bagaimana kondisi dan data penyandang disabilitas secara akurat. (PARNEN/B-5)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top