Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kinerja Tenaga Pendamping Desa Dipertanyakan

  • Oleh Naco
  • 24 Agustus 2017 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banyaknya kepala desa yang dilaporkan ke aparat penegak hukum menjadi perhatian serius DPRD Kotawaringin Timur. Terkait itu, kalangan legislator mempertanyakan kinerja pendamping desa yang direkrut beberapa waktu lalu.

"Padahal tujuan pendamping desa itu meminimalisasi penyalahgunaan anggaran desa. Sebab pendamping desa dianggap memiliki SDM yang mumpuni," kata Wakil Ketua DPRD Kotim, Parimus, Kamis (24/8/2017).

Sehingga kinerja pendamping desa ini pun dipertanyakan. Sebab, justru semakin hari para kepala desa kian banyak yang dilaporkan terkait pengelolaan dana desa ke penegak hukum.

Parimus mengatakan, peran dari pendamping desa ini sangat penting untuk kepala desa. Mulai dari sistem perencanaan pelaksanaan hingga ke pelaporannya nanti. Pasalnya SDM pengelola dana desa masih belum optimal.

Dia berharap pendamping desa ini lebih mengutamakan masyarakat lokal yang memiliki kemampuan SDM mumpuni. Namun, pendamping desa jangan tunduk kepada kepala desa.

"Pendamping desa harus berani. Jangan mudah ditekan kepala desa, karena fungsi mereka mendamping mana yang harus dilakukan sesuai prosedur," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru