Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Alokasikan Bantuan Excavator Untuk Jalan Tani

  • Oleh Ramadani
  • 24 Agustus 2017 - 22:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani, mengatakan bahwa pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran pengadaan alat berat jenis excavator untuk membantu petani membuat jalan pertanian.

'Kami sudah memahami foktor dan kesulitan yag dialami kelompok tani. Seperti sulitnya membawa hasil panen dikarenakan jalan yang rusak, jaringan irigasi baik tersier, sekunder, maupun primer yang bila tidak dikelola dengan baik hasil juga terkendala,' ungkap Hamdhani saat berada di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kamis (24/8/2017).

Ia berharap, pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian agar membuat usulan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan excavator. 'Yang mana nantinya alat berat ini dapat digunakan untuk membantu perbaikan jalan pertanian, juga membersihkan jalur irigasi."

Selain itu, lahan pertanian di Kabupaten Barito Utara memiliki tingkat keasaman atau PH yang tinggi. Hal itu menjadi kendala dalam pertanian. PH tanah yang sangat tinggi harus dinetralkan dengan pupuk kaptan.

'Kami akan meminta kepada Kementerian Pertanian agar diperbanyak pupuk-pupuk untuk membantu para petani,' katanya.

Dengan begitu, pengembangan pertanian di Kabupaten Barito Utara untuk mencapai swasembada pangan bisa tercapai. 'Namun hal itu juga perlu dukungan dari para petani agar benar-benar terwujud' pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru