Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDM Damkar Kapuas Handal Namun Terhambat Fasilitas

  • Oleh Hamdi
  • 24 Agustus 2017 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kapuas mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) handal, namun terkendala fasilitas dalam pemadaman api secara maksimal.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, Yanabut mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Damkar Kabupaten Kapuas sudah sangat memadai.

Ia mengapresiasi pasukkan birunya yang tanggap dan tangguh. "Patut kita berikan apresiasi kepada anggota Damkar Kapuas yang sangat tanggap saat adanya bencana Kebakaran," ungkapnya kepada Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (24/8/2017).

Selain itu, lanjut dia, timnya juga sering latihan untuk menambah kekuatan fisik. Sebab kekuatan fisik yang tangguh saat berhadapan dengan bencana kebakaran. Namun fasilitas penunjang pemadam kebakaran tersebut katanya kurang maksimal. Sehingga dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk menambahkan unit fasilitas penunjang tersebut.

"Kita memang mempunyai mobil tangki pemadam kebakaran, akan tetapi untuk mobil pemadam yang bergerak cepat dengan ukuran yang kecil lengkap dengan fasilitas pemadaman masih tidak ada," terangnya.

Pasalnya, lanjut Yanabut Kabupaten Kapuas, memiliki daerah-daerah yang beragam, ada yang jalannya kecil sehingga mobil tangki susah masuk, ada juga yang jauh sehingga diperlukan unit mobil yang memiliki kecepatan. "Kita berharap bisa menambahkan unit penunjang yang bisa bergerak cepat kelokasi kebakaran dan bisa menembus jalan gang-gang kecil," katanya.

Oleh karena itu, Yanabut berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah untuk menambahkan unit mobil pemadam kebakaran yang bisa bergerak dengan cepat dan dapat menembus gang-gang kecil lengkap dengan alat-alat pemadaman kebakaran. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru