Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Barito Utara Diminta Gunakan Alsintan Secara Maksimal

  • Oleh Ramadani
  • 24 Agustus 2017 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Asisten I Sekda Barito Utara Jufriansyah mewakili Bupati Nadalsyah, berpesan kepada kelompok tani supaya menggunakan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan maksimal.

Pasalnya, bantuan alsintan itu disalurkan dengan tujuan untuk mendukung program penanaman padi di Kabupaten Barito Utara. Selain itu, agar penanaman padi dan cetak sawah dapat dilaksanakan dengan optimal dan memperoleh hasil sesuai harapan.

'Bantuan tersebut tentu belum memenuhi kebutuan sesuai dengan luasan yang ada pada kelompok tani. Tetapi paling tidak dapat membantu meringankan pekerjaan petani dalam menggarap lahan cetak sawah,' ungkap Jufriansyah saat penyerahan alsintan, Kamis (24/8/2017) .

Disampaikannya pula bahwa cetak sawah di Kabupaten Barito Utara telah berhasil dilaksanakan seluas 1.200 hektare. Tersebar di empat kecamatan dan 49 kelompok tani. 'Lahan sawah tersebut sudah tentu menambah luas baku sawa yang ada. Dan bila mampu kita manfaatkan tentu akan meningkatkan produksi padi dan menjaga kedaulatan pangan khususnya di Kabupaten Barito Utara,' imbuhnya.

Karenanya, ia meminta lahan yang sudah dicetak terus dimanfaatkan untuk menanam padi dan tidak dialihfungsikan menjadi tanaman lain, terutama tanaman keras seperti karet, sawit, dan lainnya.

'Saya berharap para petani dan kelomok tani yang memiliki lahan sawah, baik hasil cetak sawah pada 2016 maupun yang eksisting, untuk terus mengusahakan lahan sawahnya sesuai fungsinya agar swasembada pangan dapat dicapai,' pungkas Jufransyah. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru