Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Buka Gerai Oleh-Oleh Khas Ikan

  • Oleh Noor Annisa
  • 25 Agustus 2017 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur membuka gerai oleh-oleh khas ikan. Kegiatan tersebut mengusung salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yakni Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Gerai oleh-oleh khas ikan dijadikan satu tempat dengan rumah kemasan jelawat yang sudah ada sebelumnya. Selain membantu dalam pemasaran produk lokal, rumah kemasan juga membantu pelaku UMKM binaannya untuk mendesain atau redesain kemasan.

"Program ini salah satu yang dicanangkan KKP untuk menggalakkan masyarakat gemar ikan hingga produksi olahan ikan," kata Kepala Dinas Perikanan, Heriyanto, Jumat (25/8/2017)

Menurutnya, selain membudayakan masyarakat gemar makan ikan, dengan dibukanya gerai oleh-oleh juga sebagai sarana memfasilitasi pelaku UMKM yang ada di Kotim dalam hal pemasaran hasil produksi mereka.

Ia mengatakan, selama ini salah satu yang menjadi penghambat UMKM di Kotim untuk berkembang yakni menjual hasil olahan yang mereka produksi. "Membantu pelaku usaha pengolahan ikan dalam memasarkan, yang selama ini menjadi salah satu kendala UMKM, dengan membuka gerai untuk menjualproduksi rumahan khususnya ikan," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-2)

Berita Terbaru