Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Lampeong I Berencana Kembangkan Madu Lampeong

  • Oleh Ramadani
  • 25 Agustus 2017 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Lampeong I, Kecamatan Gunung Purei, merupakan salah satu desa di Kabupaten Barito Utara yang menjadi daerah penghasil madu alami.

Dengan melimpahnya madu alami, Penjabat (Pj) Kepala Desa Lampeong I Ben Kurniadi, berencana mengambangkan produk turunannya.

'Kami berencana mengembangkan produk madu. Karena Lampeong ini terkenal dengan madu lampeong. Bahkan satu-satunya kecamatan yang telah membentuk forum pemanen madu yang terdiri dari delapan desa,' ungkap Ben, Jumat (25/8/2017).

Disampaikannya pula, forum pemanen madu sudah menerima bantuan peralatan keselamatan berupa pelindung bagi pemanen serta peralatan pengolahan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan pada 2016 lalu.

Oleh sebab itu, ke depannya direncanakan pengembangan produk madu mengingat Desa Lampeong merupakan salah satu penghasil madu asli hutan. 'Terus terang warga Lampeong justru kuwalahan menghadapi permintaan,' ujarnya.

Menurut Ben, ke depan juga akan dilakukan pengembangan peternakan madu sebagai usaha masyarakat. Sebab tidak bisa hanya mengandalkan madu dari hutan. Mesti harus mencari alternatif dengan pertimbangan keselamatan para pemanjat. Pasalnya, sudah beberapa orang pemanjat madu meninggal dunia akibat terjatuh dari pohon saat panen.

'Walaupun sudah ada bantuan peralatan keselamatan bagi pemanjat, mesti dipikirkan juga kelanjutan dari usaha madu tersebut. Oleh sebab itu, ke depannya akan dilakukan pengembangan peternakan madu sebagai usaha. Namun sebelumnya akan dilakukan studi banding terlebih dahulu ke daerah-daerah yang telah berhasil beternak madu ini,' sebutnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru