Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Berpesan Agar Orang Dayak Bangkit Meraih Kesuksesan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 Agustus 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran berpesan agar masyarakat khususnya orang Dayak bermimpi besar untuk meriah kesuksesan. Ia meminta keadilan untuk masyarakat lokal, agar bisa meraih kesejahteraan, dan masa depan yang lebih baik.

'Mari bermimpi yang besar. Buat rencana besar yang selama ini hilang dari jaman orde baru sampai reformasi. Mari rebut dan minta keadilan kepada pemerintah pusat,' kata Sugianto Sabran usai membuka Rapat Koordinasi Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah (Rakor DAD Kalteng) di Hotel Dandang Tingang, Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Sabtu (26/8/2017).

Gubernur mencontohkan, sumber daya alam (SDA) Kalteng sudah dikuras. Tapi, dunia pendidikannya masih dimajinalkan. "Secara ekonomi dan infrastruktur sama. Kita orang Dayak bukan mau memberontak, tidak. Kita tetap NKRI, kita adalah Pancasila, Indonesia."

Gubernur menyebut meminta keadilan kepada pemerintah pusat agar hak-hak masyarakat lokal, orang Dayak terpenuhi. Dari segi tanah, salah satunya. tnah yang dimiliki masyarakat hingga daerah pedalaman harus memiliki sertifikat.

"Kenapa Supaya orang Dayak mampu membangun perekonomian. Kekayaan di Kalteng harus dinikmati oleh orang lokal, orang Dayak. Jangan sampai orang Dayak ini termajinalkan, termiskinkan secara ekonomi. Kebun, perusahaan tambang, itu harus adil," jelasnya.

Gubernur menambahkan, sudah saatnya masyarakat Kalteng menuntut hak-haknya yang selama ini hilang. "Ini bukti nyata. Sudah waktunya kita tidak tidur terus. Kita tuntut keadilan. Oleh sebab itu, saya meminta seluruh SKPD membangun ekonomi. Infrastruktur itu sudah jadi catatan pemerintah." (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru