Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Kembangkan Pola Tanam Padi Huston Dan Hibrida

  • Oleh Ramadani
  • 26 Agustus 2017 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pada tahun ini, Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara mulai menerapkan pola tanam padi huston dan hibrida.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi mengatakan, pola tanam padi huston merupakan kelanjutan atau modifikasi dari program tanam Jarwo. Bila dilakukan dengan benar hasilnya dapat mencapai 14 ton per hektare.

Disampaikan Setia Budi, jumlah alat mesin pertanian (alsintan) yang telah tersedia melalui program bantuan pemerintah pusat maupun Pemprov Kalteng hingga Agustus 2017 berjumlah 48 unit handtracktor, 1 unit mesin panen jagung, 2 unit traktor roda empat, 1 unit excavator, 4 unit pompa air, 2 unit kultivator mini, dan 38 unit hand spayer elektriks.

'Di luar dari yang diserahkan oleh anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani, alsintan yang ada akan diserahkan pengelola kelompok atau berigade alsintan yang akan dibentuk tingkat perdesaan atau di sentar-sentra pengembangan sawah yang ada di Kabupaten Barito Utara,' ungkapnya.

Diharapkan bantuan itu dapat menggenjot dan meningkatkan produksi serta produktivitas pertanian. 'Sebagai bagian dari upaya kita menyatukan program nasional menuju Indonesia yang berketahanan pangan,' pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru