Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkat Kesigapan Warga, Rumah Iwan di Mentaya Seberang Selamat dari Amukan Api

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Agustus 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebuah rumah di Kelurahan Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terbakar, Senin (28/8/2017) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kebakaran rumah milik Iwan Setiawan (50) itu sempat menggegerkan warga sekitar, yang langsung berupaya memadamkannya. "Api sudah berhasil dijinakkan. Hanya dapur rumah saja, sedangkan bagian depannya tidak sempat terbakar karena api berhasil dipadamkan," ujar PLT Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel, Senin (28/8/2017).

Kebakaran itu bermula ketika pemilik rumah memasak nasi dan lauk pauk dengan menggunakan tungku masak. Saat itu tidak ada yang janggal, karena api masih dalam kondisi aman dan tidak terlalu besar.

Namun entah kenapa, beberapa saat kemudian, api tiba-tiba menjalar ke dinding dapur rumah yang berkontruksi kayu. Sehingga dengan cepat api merambat ke bagian atap dapur.

Pemilik rumah dan warga sekitar pun langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Mereka menggunakan ember dan juga mesin pompa untuk menjinakkan api.

Hingga pada akhirnya usaha wargapun berhasil dan tidak sempat merambah ke bangunan depan rumah yang semunya berkonstruksi kayu. "Api berhasil dipadamkan secara swadaya, dan tidak sempat merambat ke bangunan lainnya," kata Rihel. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru