Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Periksa Fisik Hewan Kurban secara Teliti sebelum Dibeli

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Agustus 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan masyarakat sebelum membeli hewan kurban seperti kambing dan sapi. Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kobar) Haryo Prabowo menjelaskan apa yang harus diperhatikan masyarakat dalam memilih hewan kurban tersebut.

"Masyarakat yang berencana membeli hewan kurban harus memeriksa fisik hewan dengan teliti. Karena bisa jadi sehari sebelumnya hewan tersebut sehat, namun kemudian ada kejadian misalnya kaki atau bagian tubuh lainnya terdapat luka," jelasnya, Senin (28/8/2017).

Ketelitian sebelum membeli itu penting, karena petugas tidak mungkin bisa memantau semua hewan yang dijual pedagang selama 24 jam. "Bisa saja setok hewan kurban yann dipajang kemarin sudah dipesan pembeli. Bisa jadi sapi yang tidak dipajang kemarin, sekarang dikeluarkan," jelasnya.

Meski begitu, lanjutnya, berdasarkan pantauan pihaknya di berbagai pedagang hewan kurban yang terdapat di Pangkalan Bun dan sekitarnya, belum ditemui hewan yang diduga mengidap penyakit.

"Semua terlihat sehat dengan ukuran yang bervariasi sesuai harga. Tetapi tetap saja perlu ketelitian masyarakat untuk memilih hewan kurban yang bakal dibelinya agar pelaksanaan ibadah kurban bisa dilaksanakan sesuai syariat agama," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru