Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Royalti Tambang Kalteng Diyakini Tembus Rp1,1 Triliun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 28 Agustus 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalteng, Ermal Subhan yakin apa yang diimpikan gubernur untuk penerimaan sektor tambang pada akhir 2017 tembus Rp1,1 triliun. Sebab saat ini saja sudah Rp949 miliar.

Keyakinan ini bukan tanpa dasar. Peningkatan produksi tambang di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini kian terbukti memberikan pemasukan ke daerah.

Royalti dan landrent, memberikan kontribusi signifikan bagi pajak dan pendapatan asli daerah (PAD) Kalteng.

'Kebijakan penyelamatan PAD dari royalty dan landrent, menunjukkan hasil adanya peningkatan dari pada 2016 lalu. Antara lain dengan adanya penyelamatan dengan bentuk tim terpadu, pos pemantauan, dan segala macam. Gubernur yakin target sampai Rp 1,1 Triliun lebih itu, optimistis tercapai, karena produksi perusahaan juga sedang meningkat,' terangnya, Senin (28/8/2017).

Ermal juga menandaskan untuk mengamankan kebijakan gubernur menyelamatkan penerimaan daerah dari SDA tersebut pihaknya memperketat setiap bahan tambang yang dibawa keluar dari Kalteng agar tidak sampai ada lagi yang lolos tanpa bayar dulu kepada pemerintah.

'Kita perketat targe, kita terapkan agar semua kewajiban mereka dipenuhi dulu. Jadi setiap mau keluar kirim barang, wajib bayar royalti dulu baru boleh lewat,' tandasnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru