Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Samarinda Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hitungan Disdukcapil Dan DPRD Sama, Harusnya Akhir Tahun Pencetakan KTP-El Tuntas

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Agustus 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jajaran Komisi A DPRD Kota Palangka Raya mendapat laporan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya bahwa saat ini ada 30 ribu lebih tunggakan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el).

"Dari 30 ribu tunggakan KTP-el yang ada saat ini di mana untuk cetak sendiri setiap harinya oleh alat tersebut sekitar 250 keping. Maka sangat mungkin itu dapat selesai tepat waktu sebelum pilkada 2018," ungkap Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra, Selasa (29/8/2017).

Berdasarkan perhitungan Disdukcapil Kota Palangka Raya satu alat cetak dapat mencetak 250-300 keping KTP-el per hari. Sedangkan jumlah alat cetak yang ada sebanyak tiga unit. "Dengan asumsi tidak ada gangguan, maka dapat dikerjakan secara maksimal dan menyelesaikan tunggakan itu," ucap Beta.

Politisi PAN itu menurutkan bahwa dengan pemutahiran data kependudukan yang benar dan valid dari Disdukcapil, tentunya tingkat kesalahan dapat diminimalisasi saat pilkada nantinya.

"Intinya kita inginkan tunggakkan itu (pencetakan KTP-el) selesai. Walaupun dengan alasan mereka kendala-kendala di peralatan dan jaringan server yang mengakibatkan keterlambatan pencetakan KTP-el itu," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru