Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program e-Warung Dapat Meminimalisasi Penyalahgunaan Bantuan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Agustus 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah mengatakan program pemerintah pusat, e-Warung, dapat membantu meminimalisasi penyalahgunaan bantuan sosial (bansos) yang kerap kali diberikan kepada masyarakat kurang mampu. "Melalui program tersebut, setidaknya manfaatnya dapat langsung dirasakan. Terutama untuk memenuhi kebutuhan warga miskin sehari-hari. Hal ini karena sifat program tersebut tidak bisa dibelanjakan, selain untuk membeli sembako," ungkap Mukarramah, Selasa (29/8/2017).

Karena kalau bersifat bantuan tunai, lanjut Mukarramah, penggunaannya kerap tidak sesuai yang diharapkan. "Sementara dengan besaran yang ditetapkan oleh pemerintah melalui e-Warong, maka warga penerima bansos dapat memenuhi atau membelanjakan bantuan secara bertahap oleh," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Wuryanto mengatakan, ketentuan program e-Warung hanya boleh digunakan untuk membeli sembako sesuai ketentuan.

"Ini untuk mencegah penyalahgunaan bantuan. Jadi misalnya diberikan bantuan Rp200 ribu untuk membeli beras dengan e-Warung, maka dana itu memang hanya bisa dicairkan untuk membeli beras, tidak bisa ditukar dengan apapun. Harapan kita ini akan menjadi tepat sasaran. Tidak ada lagi bantuan untuk membeli beras malah digunakan untuk membeli baju misalnya," kata Wuryanto. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru