Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban H-1 Idul Adha

  • Oleh Hamdi
  • 29 Agustus 2017 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petugas Bidang Peternakan, Pertanian Kabupaten Kapuas bakal melakukan pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban menjelang hari Idul Adha. Pemeriksaan tersebut dilakukkan pada H-1 Idul Adha. "Kita nantinya mengadakan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan," ungkap Kasi Kesehatan Hewan Drh Anik Ariswandani, Selasa (29/8/2018).

Pemeriksaan kesehatan sebelum pemotongan tersebut, dilakukkan untuk melihat kelayakan hewan untuk dijadikan kurban. "Kita lihat misalkan ada penyakit yang bisa menular ke manusia, itu tidak layak dijadikan kurban, soalnya berbahaya jika dikonsumsi oleh kita," ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, hewan kurban yang cacat atau umurnya di bawah dari 2 tahun untuk sapi dan di bawah 1,5 tahun untuk kambing, tidak layak untuk dijadikan sebagai hewan kurban. "Jadi untuk umur itu bisa kita cek melalui giginya," jelasnya.

Sedangkan untuk hewan ternak, pihaknya rutin melakukkan perawatan dengan memberikan obat cacing. Akan tetapi, lanjutnya, karena sebagian hewan kurban tersebut didatangkan dari luar, maka pihaknya melakukan pengecekkan keliling menjelang H-1 Idul Adha tersebut. "Jadi ada tim kesehatan yang akan bergerak ke kecamatan-kecamatan pada H-1 menjelang Idul Adha," imbuhnya.

Untuk pemeriksaan hewan yang sudah dipotong, tambah Drh Anik, kadang-kadang ada sebagian hewan yang dagingnya mengandung cacing hati. "Bagian tersebut akan kita arsir dan dibuang karena tidak layak untuk dikonsumsi," katanya.

Diketahui, untuk jumlah hewan kurban yang ada di Kabupaten Kapuas ratusan lebih. Oleh karena itu, Dinas Pertanian Bidang Peternakan ini akan membagi tim untuk melakukan pemeriksaan hewan di Kecamatan-kecamatan yang mengadakan pemotongan hewan kurban. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru