Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Modifikasi Motor Jadi Alat Pemadam Kebakaran

  • Oleh Budi Yulianto
  • 29 Agustus 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko mencetuskan ide kreatif mencegah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ide itu yakni memodifikasi kendaraan roda dua sebagai alat pemadam kebakaran.

Kapolda beserta polres jajaran sudah menjajal hasil modifikasi tersebut di halaman belakang Polda Kalteng, Selasa (29/8/2017).

Demonstrasi mencoba motor modifikasi itu disaksikan tokoh adat, damang kepala adat, dan mantir. Harapannya, ide kreatif itu diaplikasikan di wilayah masing-masing.

Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu mengatakan, ide itu muncul untuk memudahkan atau mempercepat pemadaman karhutla jika terjadi di lokasi yang tidak bisa dijangkau kendaraan roda empat atau enam.

Motor modifikasi itu juga dapat digunakan bila terjadi kebakaran di kawasan padat penduduk. 'Jadi ini untuk mempercepat. Artinya, jika ada daerah tertentu yang tidak dapat dilalui roda empat, roda dua ini yang digunakan,' kata Pambudi.

Menurut Kabid Humas, hanya ada satu titik yang dimodifikasi. Yakni cuma menambahkan alat kato ke mesin motor sehingga dapat menghisap air sebagaimana mobil pemadam kebakaran.

'Harapannya, dengan kecepatan dan ketepatan waktu, api tidak sempat membesar dan segera padam. Sebab kalau sudah membesar, itu akan sulit dipadamkan,' tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru