Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkutan Lebihi Kapasitas Penyebab Jalan Cepat Rusak

  • Oleh Naco
  • 29 Agustus 2017 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur , Jhon Krisli menyebutkan salah satu penyebab cepatnya kerusakan jalan di Kotim karena angkutan melebihi kapasitas jalan. Seperti halnya di kawasan Bundaran Balanga Kilometer 3,5 Jalan Jenderal Sudirman Sampit

Ke depannya, menurut Jhon, jalan bundaran harus dibuat dengan sistem rigid beton. Dibanding dengan jalan umumnya bundaran akan sangat cepat rusak, maka dari itu harus diprogramkan pembangunannya secara permanen.

"Arus deras investasi di Kotim memang tidak bisa dihindari lagi. Salah satu imbasnya adalah kerusakan jalan semakin cepat," kata Jhon Krisli, Selasa (29/8/2017).

Jalan rusak itu memang salah satu dampak perkembangan investasi, dari itu sekarang apakah investasi ini punya timbal balik untuk daerah atau tidak itu yang harus jadi perhatian. DPRD pun berharap agar hadirnya invetasi itu semangatnya sama yakni untuk memajukan daerah dan tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata.

Peningkatan kendaraan berbobot besar di Kotim sangat tinggi itu dibuktikan dengan aktivitas jalan lintas nasional tidak pernah sepi dari kendaraan dalam kurun waktu 1x24 jam.

Namun yang disayangkan, banyak kendaraan yang bobotnya melebihi kemampuan jalan melintas tanpa adanya pengawasan. Dampak yang sangat dirasakan cepatnya kerusakan jalan. (NACO/B-11)

Berita Terbaru