Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Serentak di Kapuas Ditunda

  • Oleh Hamdi
  • 30 Agustus 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas ' Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada 4 September 2017 tertunda. Pasalnya ada beberapa pertimbangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kapuas dan harus mengundur agenda pilkades serentak tersebut.

Kadis PMDes Kapuas Ibak melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kertidipora mengungkapkan, Pilkades serentak di 44 desa yang tersebar di Kabupaten Kapuas harus diundur karena Daftar PemilihTetap (DPT) di sebagian desa ada yang belum rampung. "Untuk Pilkades serentak memang ditunda, walau pun selama ini kami ada acuan sementara untuk agenda Pilkades ini. Akan tetapi, karena sebagian desa ada yang belum lengkap menyampaikan DPT nya maka kita tidak akan bisa melaksanakan Pilkades serentak ini,' ungkap Kertidipora kepada Borneonews, Rabu (30/8/2017) di ruang kerjanya.

Oleh karena itu, katanya, DPT harus dirampungkan dulu agar pencetakan kertas suara dapat dilakukan. "Untuk pencetakan kertas suara itu berkisar antara 3 minggu, kalau DPT nya belum dirampungkan maka kita tidak bisa mengerjakan pencetakan kertas suara," sahut Kertedipora.

Namun, dalam hal ini pihaknya sudah melakukan rapat untuk membuat jadwal baru Pilkades serentak tahun 2017 ini. "Kami rencanakan yang tadinya akan dilaksanakan pada 4 September akan diundur pada 18 September dan kita tinggal menunggu ketetapan dari Bupati Kapuas, karena Kepala Dinas sudah mengajukan hasil rapat tersebut kepada Bupati Kapuas," katanya.

Selain terkendala masalah DPT, pihaknya juga belum menerima dana untuk pengamanan Pilkades serentak tersebut. "Kami masih menunggu dana pengamanan untuk Pilkades serentak ini, agar dalam pelaksanaan nanti bisa berjalan dengan aman, tertib dan terkendali," tambahnya.

Tanpa dana pengamanan, pihaknya tidak bisa melaksanakan pilkades serentak tersebut. "Walaupun DPT sudah rampung, kalau dana pengamannya tidak ada maka kami tidak bisa melaksanakan Pilkades serentak ini," katanya.

Akan tetapi, dirinya tetap optimistis, Pilkades serentak tahun ini bisa berjalan dengan lancar. "Makanya kita menunggu penetapan dari Bupati Kapuas dulu. Dan juga kami di sini Sekretariat sudah mempersiapkan logistik berupa surat mandat dan sebagainya, dan kami sudah membagi tim di setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak ini," terangnya.

Kertidipora tetap mengharapkan, Pilkades serentak 2017 kali ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sesuai dengan apa yang diharapkan. "Yang pastinya kita berharap Pilkades serentak ini bisa berjalan sebagaimana yang sudah kita rencanakan," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru