Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kapuas Upayakan Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2018

  • Oleh Hamdi
  • 30 Agustus 2017 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas berupaya agar partisipasi pemilih dalam Pilkada 2018 bisa meningkat. KPU Kapuas menargetkan partisipasi pemilih di Kabupaten Kapuas pada kisaran 80 persen.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan menggelar kegiatan peluncuran (launching) maskot dan jingle KPU untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2018 di Lapangan Bukit Ngelangkang pada 10 September 2018 mendatang. Kegiatan itu akan dimeriahkan dengan jalan sehat bersama warga.

Ketua KPU Kabupaten Kapuas Bardiansyah SE mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam memilih Kepala Daerah di Kabupaten Kapuas pada Pilkada 2018 yang akan datang.

'Dalam kegiatan itu,rencananya kita akan launching berupa maskot dan jingle KPU yang akan digunakan pada Pilkada 2018 nantinya, jadi akan kita buka hasil-hasil Maskot dan Jingle yang sudah dirancang oleh para peserta sayembara lalu,' ungkap Bardiansyah kepada Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (30/8/2017).

Dalam pemilihan maskot dan jingle tersebut, sambungnya, semua maskot dan jingle hasil karya peserta lomba akan langsung dinilai oleh para juri, dan pemenangnya akan diumumkan pada hari tersebut.

Bardiansyah berharap, dengan pelaksanakan kegiatan jalan sehat serta launching maskot dan jingle tersebut bisa meningkatkan jumlah partisipasi pemilih yang ada di Kabupaten Kapuas. 'Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi KPU Kabupaten Kapuas,' ujarnya.

Berkaca dari pemilu sebelumnya, kata Bardiansyah, jumlah partisipasi pemilih dari tahun sebelumnya terus menurun. Seperti pada Pemilihan Legislatif 2014 lalu, jumlah partisipasi pemilih di angka 69%, pada Pemilihan Presiden lalu jumlah partisipasi pemilih diangka 60% dan pada Pemilihan Gubernur yang baru-baru ini jumlah partisipasi pemilih diangka 50,72%.

'Makanya kita harapkan kegiatan nantinya bisa benar-benar meriah, jumlah partisipasi pemilih juga bisa meningkat, serta kita harapkan juga dengan adanya launching Pilkada ini semua sektor melakukkan sosialisasinya dengan baik. Kita targetkan 80 persen pemilih di Kabupeten Kapuas bisa mencoblos,' pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru