Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kalteng Pasrahkan Penanganan Bencana di Delang ke Pemkab Lamandau

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 31 Agustus 2017 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Selasa (28/8/2017), menyita perhatian Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng, Darliansjah. Pasalnya, cuaca ekstrem itu membuat jalan trans Kalimantan Delang-Nanga Bulik jadi terendam banjir.

Darliansjah mengatakan, penanganan musibah akibat kondisi alam memang menjadi perhatiannya. Namun, penanganan secara cepatnya, sementara ini menjadi menjadi domain pihak Pemerintah Kabupaten Lamandau. Meski begitu, BPBD Kalteng terus berkoordinasi dengan pihak berwenang.

'Sementara ini ditangani oleh BPBD Kabupaten Lamandau bersama tim gabungan yang ada di sana,'  sebut Darliansjah kepada Borneonews, Rabu (30/8/2018) malam.

'Mengenai jalan trans Kalimantan, termasuk Kepala Satker Balai Jalan Wilayah I juga memantau ruas jalan nasional ini untuk dilakukan langkah penanganan segera,' lanjut dia.

Seperti diberitakan, cuaca ekstrem melanda Kecamatan Delang membuat jalan trans Kalimantan Delang-Nanga Bulik terendam. Sebagian lagi mengalami longsor. Sejumlah pohon bahkan dilaporkan tumbang dan ketinggian air akibat luapan sungai juga merendam sejumlah desa. Ketinggian air bervariasi dari sepinggang orang dewasa hingga setinggi tiga meter.

Jalan trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Desa Lopus dan Desa Nyalang, Kecamatan Delang, tersebut juga terputus karena luapan air Sungai Delang lantaran hujan lebat dua hari berturut-turut. Beberapa kendaraan sempat tidak bisa melintas karena ketinggian air di atas 1,5 meter. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru