Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPPP Kembangkan Sektor Pertanian Secara Sistematis Terencana Dan Tepat Sasaran

  • Oleh Uriutu
  • 02 September 2017 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Pertanian (DKPPP) Barito Selatan (Barsel), akan kembangkan sektor pertanian secara sistematis terencana dan tepat sasaran.Kepala DKPPP Barsel, Rusdaasoqa mengatakan, keseriusan tersebut untuk menghidupkan sektor pertanian di Barito Selatan. Sebab sektor pertanian memiliki peran sangat vital untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan pangan.

'Kita berjanji akan serius mengambangkan sektor pertanian ini secara terpola sistematis terencana dan tepat sasaran untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan pangan,' kata Rusdaasoqa kepada Borneonews, Sabtu (2/9/2017).

Menurutnya, hasil pertanian padi baik dari sawah maupun pertanian tadah hujan akan terus digenjot produktivitasnya. Karena beras merupakan pangan pokok yang menjadi prioritas masyarakat.

Pengembangan yang dilakukan, lanjut dia, mulai dari penyediaan bibit, pemupukan, pemeliharaan hingga panen dilaksanakan secara sistematis agar memperoleh produktivitas yang maksimal.

Ia menambahkan, selain itu, pihaknya juga memberikan pelatihan-pelatihan bagi petani lokal menganai tata cara pengembangan pertanian yang baik serta pemanfaatan luasan lahan yang mereka miliki. 'Kita juga terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani lokal terkait dengan pertanian. Sehingga hasil panen minimal mampu mensejahterakan hidupnya,' ucap dia.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mengupayakan pembudidayaan tanaman pangan lainnya seperti jagung dan ubi agar para petani tidak bergantung dari satu jenis tanaman. (URIUTU DJAPER/b-8)

Berita Terbaru