Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jemaah Haji Asal Katingan Kloter Kotawaringin Timur Meninggal Dunia di Mina

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 September 2017 - 05:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang jemaah haji, Muslimah (60) asal Kasongan, Kabupaten Katingan yang bergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 11 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meninggal dunia di Mina, Arab Saudi, Sabtu (2/9/2017).

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kotim Rabiatul Adawiah, di mana jemaah tersebut masuk dalam kloter 11. Almarhum merupakan jemaah yang berangkat dari Kasongan, Kabupaten Katingan. Ia berangkat bersama rombongan Kotim.

"Telah berpulang ke rahmatullah seorang jemaah kloter 11 di Mina, Arab Saudi," ujar Rabiatul, Sabtu (2/9/2017).

Almarhum meninggal dunia di pemondokan yang ditinggalinya. Penyebab meninggalnya jemaah tersebut adalah cardiovaskular disease, atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, diyakini juga karena faktor kelelahan, yang mana sebelumnya jemaah haji sibuk mengikuti prosesi haji wuquf di Arafah, mabit di Musdalifah, dan melontar jumrah aqobah dan mabit di Mina. Muslimah juga memiliki riwayat hipertensi dan juga diabetes melitus.

Jemaah ini belum sempat melontar jumrah ula, wustjo, dan aqobah, tiga hari bagi nafar tsani dan dua bagi yang jemaah yang mengambil nafar awal.

'Semoga keluarga beliau diberi ketabahan atas kabar duka tersebut, dan almarhum meninggal dalam keadaan syhahidah," kata Rabiatul.

Tahun ini, calon haji Kotim masuk pada kloter 11 gelombang kedua sesuai pengundian keberangkatan haji Indonesia. Haji Kotim dijadwalkan akan pulang ke Tanah Air 24 September mendatang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru