Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat Terapi Kejiwaan di RS dr Murjani Sampit, Satu-satunya di Kalteng

  • Oleh Naco
  • 04 September 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelayanan gangguan kejiwaan di RSUD dr Murjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dengan tindakan terapi menggunakan aliran listrik atau elektro convulsif therapi (ECT) merupakan satu-satunya di Kalimantan Tengah.

"Alat ini satu-satunya di rumah sakit di Kalimantan Tengah, alat ini ada di rumah sakit kita," kata direktur rumah sakit dr Murjani Sampit, dr Denny Muda Pradan, Senin (4/9/2017).

Menurut Denny, alat terapi itu sebenarnya sudah lama ada, dipropgramkan melalui APBN pada 2012 lalu, namun baru sebulan ini dioperasionalkan mengingat adanya ruang kejiwaan rumah sakit dr Murjani Sampit baru ada.

Dengan adanya alat tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan rumah sakit terutama pelayanan terhadap gangguan kejiwaan. "Sudah banyak pasien yang membaik, terutama pasien yang pertama dirawat di sini sudah pulang semua, yang ada saat ini pasien baru semua," kata Denny.

Alat tersebut kini ditempatkan di salah satu ruang, yang telah disiapkan, di mana alat tersebut sudah dioperasikan oleh dokter spesialis kejiwaan yakni Dwi Harjo Suyanto dan dr Chairul Waro.

"Alat ini dipasangkan di kepala, dikasih gel, lalu dioperasikan, mereka yang menggunakan alat ini setelah itu membaik," kata Dwi Harjo menambahkan.

Dari itu menurutnya, pasien yang alami gangguan kejiwaan seperti depresi, gaduh, dan lain sebagainya bisa mendapatkan pelayanan terapi di rumah sakit dr Murjani Sampit. (NACO/B-2)

Berita Terbaru