Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejuang Minta Nama Jalan Mawar Diubah Jadi Jalan Veteran

  • Oleh Hamdi
  • 04 September 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Cabang Leguin Veteran Kabupaten Kapuas H Fadlansyah meminta pemerintah daerah setempat untuk mengubah nama Jalan Mawar menjadi Jalan Veteran.

Hal itu disampaikannya kepada anggota DPRD Kabupaten Kapuas H Parij Ismet Rinjani saat berkunjung ke Markas Veteran yang terletak di jalan Mawar, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Senin (4/9/2017).

Dalam hal ini, Fadlansyah juga sudah membuat surat sebagai dasar pertimbangan untuk mengubah Jalan Mawar tersebut menjadi Jalan Veteran.

"Di Jalan Mawar sewaktu masa revolusi tahun 1945-1949 pernah tinggal para pejuang kemerdekaan kurang lebih 35 anggota yang hampir semuanya sudah meninggal dunia dan sebagian dimakamkan di makam pahlawan Kuala Kapuas," katanya.

Selain itu, katanya, seorang pejuang bernama Baban, meninggal setelah ditembak seorang polisi Belanda di Jalan Mawar. "Dan masih banyak lagi sejarah-sejarah pejuang veteran Kapuas yang masih belum diketahui halayak banyak," sambungnya.

Selain itu, imbuhnya, markas veteran sejak 22 tahun lalu tertempat di Jalan Mawar itu. "Oleh karena itu, kami meminta pemerintah mengganti nama Jalan Mawar menjadi Jalan Veteran," ungkap Fadlansyah.

Dikatakan Fadlansyah, pihaknya juga sudah bertemu dengan Bupati Kapuas Ben Brahim S bahat dalam acara tamah tamah di GPU Kabupaten Kapuas. "Dan sudah kita bicarakan itu," sebutnya.

Senada dengan Fadlansyah, Parij Ismet Rinjani juga mengharapkan agar pemerintah daerah mengabulkan permohonan ketua Legiun Veteran tersebut.

"Sebagai bentuk kepedulian serta penghargaan kepada para pejuang, maka perlu kiranya pemerintah memberikan hadiah kepada veteran Kapuas, sebagai kenang-kenangan bagi para veteran dan juga masyarakat Kabupaten Kapuas," kata Ismet.

Permohonan itu, sambung Ismet, harus diperjuangkan dan direalisasikan secepatnya. "Karena tanpa perjuangan mereka kita tidak bisa seperti yang sekarang, maka dari itu kita juga harus memperjuangkan apa yang diminta para veteran," pungkas Ismet. (HAMDI/B-5)

Berita Terbaru