Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kalteng, Laki-Laki Lebih Bahagia Ketimbang Perempuan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 September 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Di Kalimantan Tengah (Kalteng), kaum laki-laki lebih bahagia ketimbang perempuan. Kenapa bisa begitu

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng melakukan survei mendalam tentang hal itu. Hasilnya, Indeks Kebahagiaan Kalteng pada 2017 berdasarkan hasil Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) sebesar 70,85 pada skala 0-100.

Kemudian lebih mendalam dibagi dalam beberapa karakteristik. Hasilnya, indeks kebahagiaan penduduk laki-laki sebesar 70,88. Nilai ini sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan indeks kebahagiaan penduduk perempuan yang sebesar 70,81.

'Untuk memahami lebih jauh dan membandingkan antarkarakteristik yang berkaitan dengan tingkat kebahagiaan, dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan, serta dimensi makna hidup, maka indeks kebahagiaan Kalteng disajikan menurut beberapa karakteristik,' kata Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya, Senin (4/9/2017).

Lebih rinci, ia melanjutkan, karakteristik survei ini bisa dilihat dari tiga dimensi penyusun indeks kebahagiaan. Yakni terdapat pola yang serupa pada indeks perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia). Tetapi berbeda untuk dimensi kepuasan hidup.

Indeks dimensi perasaan laki-laki lebih tinggi dari perempuan, masing-masing 69,75 dan 69,24. Indeks dimensi makna hidup laki-laki juga lebih tinggi dari perempuan, masing-masing  72,38 dan 71,30.

'Namun, pada Indeks dimensi kepuasan hidup penduduk perempuan mempunyai nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan penduduk laki-laki. Masing-masing dengan indeks sebesar 71,72 dan 70,43,' sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru