Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Surat Keterangan Usaha Palsu Beredar di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 September 2017 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini banyak cara oknum untuk mencari keuntungan. Salah satunya menjadi orang ketiga dalam melakukan pengurusan dukumen, seperti halnya surat keterangan usaha dan surat keterangan domisili.

Namun dalam pengurusannya ternyata ada yang memanfaatkan mencari keuntungan, bahkan sang oknum hanya mengambil uang saja, sedangkan surat keterangan usaha dan keterangan domisilinya terindikasi palsu.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Dimana pihak kelurahan menemukan sebuah surat keterangan domisili dan surat izin usaha yang terindikasi palsu.

"Sementara ini ditemukan satu surat keterangan usaha, dan satu surat keterangan domisili yang terindikasi palsu," ujar Lurah Mentawa Baru Hilir, Maya Anisa.

Adanya ditemukan surat ini bermula saat ada seorang warga datang ke kantor kelurahan untuk memperpanjang surat keterangan usaha.

Namun saat dilihat ternyata pejabat yang menandatangani surat tersebut sudah tidak menjabat dan tanda tangan itu merupakan hasil scan dan nomor registrasinya tidak terdaftar.

"Malahan untuk surat keterangan usaha, nama pejabatnya tidak dikenal sama sekali, dan terkesan asal dibuat saja," katanya. Meya menduga dengam adanya hal tersebut ada beberapa oknum yang sengaja melakukan hal tersebut untuk mencari keuntungan hingga membuat pemalsuan dukumen.

Dengan adanya hal itu, maka diharapkan masayarakat harus berhati-hati dalam mempercayakan pengurusan surat keterangan dengan pihak ketiga atau biro jasa. Kalau bisa langsung saja ke kantor kelurahan mengurus sendiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru