Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Upayakan Peningkatan Produksi Padi Kotim dengan Teknologi Jarwo Super

  • Oleh Noor Annisa
  • 05 September 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mengupayakan peningkatan produksi padi dengan menerapkan teknologi jajar legowo (Jarwo) super, yang dilakukan pertama kalinya di Desa Sungai Sugih Kecamatan Kota Besi.

Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri yang turut hadir pada kesempatan tersebut, mengaku sangat mendukung pelaksanaan tanam padi dengan teknologi budidaya secara terpadu berbasis Jarwo super itu.

"Mengingat Kotim merupakan salah satu kabupaten yang dicanangkan sebagai sentra produksi pertanian yang ada di Kalimantan Tengah nantinya," ujar Taufiq saat tanam perdana kegiatan gelar teknologi Jarwo super, Selasa (5/9/2017).

Menurutnya, implementasi Jarwo super di antaranya dengan benih unggul bermutu, biodekomposer, penggunaan pupuk hayati, serta pengendalian organisme secara terpadu pada pengolahan tanah dan tanam diyakini dapat meningkatkan hasil produksi padi.

"Di wilayah lain yang optimal penerapan teknologi Jarwo super dapat meningkatkan produktivitas padi unggul hingga 98,6%, semoga di sini pun hal yang sama dapat terjadi, bahkan, kami harapkan lebih tinggi," katanya.

Upaya pencapaian swasembada beras melalui teknologi Jarwo, lanjutnya, juga sekaligus merintis desa menuju desa modernisasi pertanian sehingga mekanisasi pertanian menjadi penting dalam usaha pertanian.

"Percepatan waktu tanam dan panen secara mekanisasi akan mendorong wilayah ini menjadi wilayah yang mampu diusahakan atau panen tiga kali dalam setahun," tandasnya. (NOOR ANNISA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru