Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Serapan Anggaran

  • Oleh Naco
  • 05 September 2017 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Supriadi meminta dengan sisa waktu tiga bulan terakhir ini Pemkab Kotim harus semaksimal mungkin untuk menyerap anggaran yang masih belum terserap.

Menurut anggota fraksi partai Golkar ini realisasi APBD Kotim saat ini masih mencapai 60,07 persen sedangkan realisasi belanja masih diangka 45.11 persen, ini menurutnya harus jadi perhatian bersama agar mencapai target.

"Kita mengapresiasi dan menghargai atas ikhtiar yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam melaksanakan APBD 2017. Memang secara kasat mata ikhtiar itu belum maksimal dan harus digenjot di sisa tahun anggaran berjalan ini," kata ketua DPD Golkar Kotim ini, Selasa (5/9/2017).

Lanjut anggota Komisi III DPRD Kotim ini, sisa waktu 3 bulan efektif kedepan harus dimanfaatkan untuk menjalankan anggaran, fakta ini menurutnya mengharuskan pemerintah daerah bekerja lebih keras dan kreatif lagi untuk bisa mencapai rencana anggaran yang sudah ditetapkan.

Selain itu fraksi Golkar juga menurutnya memandang bahwa pembangunan hanya berbasis pada anggaran daerah semata, ini tentunya akan sulit memenuhi esensi dari pembangunan itu sendiri yaitu kesejahteraan rakyat.

Terlebih lagi APBD Kotim sangat terbatas, untuk itu perlu reorientasi pendekatan pembangunan dengan pendekatan yang lebih bersifat partisipatoris publik daripada pembangunan dengan pendekatan berbasih anggaran.

"Yang jelas kita berharap agar untuk sektor pembiayan pembangunan di Kotim juga harus pendai mencari peluang dari pemerintah pusat. Selama ini tim anggaran masih lemah dalam menjalin komunikasi dengan para pemangku kebijakan dipusat," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru