Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Buka Kegiatan Operasi Katarak Gratis

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 September 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna membantu masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan yaitu penyakit katarak, Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar operasi katarak gratis.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kobar Nurhidayah Rabu (6/9/2017) digelar selama tiga hari hingga Jumat (8/9/2017) bakal melayani sekitar 340 orang pasien dari seluruh puskesmas di Kobar, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

Dalam acara tersebut, Bupati mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat mengingat mahalnya biaya operasi katarak ini. "Kami ucapkan terima kasih pada yayasan dan para sponsor yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga Bukan hanya operasi katarak saja yang mendapatkan bantuan. Namun juga berbagai operasi lainnya," ujar Bupati.

Di tempat yang sama, Plt Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Akhmad Faozan menjelaskan, untuk hari pertama ini pasien peserta operasi katarak gratis akan mengikuti screening terlebih dahulu guna mengetahui layak atau tidak yang bersangkutan menjalani operasi.

"Ada beberapa hal yang harus diketahui dari kondisi pasien. Apakah yang bersangkutan mengalami hipertensi atau gula darah. Setelah dinyatakan aman untuk menjalani operasi maka dilanjutkan pemeriksaan fisik mata oleh dokter. Setelah itu baru dikeluarkan rekomendasi apakah pasien tersebut aman untuk dioperasi katarak atau tidak. Operasi akan dilaksanakan 7 hingga 8 September," jelasnya.

Faozan menjelaskan, ada 7 dokter spesialis mata yang dilibatkan dalam operasi katarak ini. "Dokter tersebut berasal dari Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung Jawa Barat," ujarnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru