Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Gelar Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

  • Oleh Noor Annisa
  • 06 September 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Menurut, Plt Sekretaris Daerah Kotim Halikinnoor yang membuka sosialisasi tersebut, setiap pimpinan daerah wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang disebut SPIP.

"SPIP mendapat perhatian yang cukup besar, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selaku auditor eksternal selalu menguji kekuatan SPIP di setiap pemeriksaan," ungkapnya, Rabu (6/9/2017).

Dia menambahkan, beberapa lembaga pemantau juga mengkritisi lemahnya SPIP yang diterapkan sehingga membuka peluang yang besar terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan anggaran APBN atau APBD.

Penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pertanggungjawaban harus dilakukan secara tertib, terkendali, efektif dan efisien.

"Dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan seluruh pimpinan instansi dan pegawai di lingkup Kotim dapat memiliki pemahaman yang sama dalam melaksanakan tugas secara profesional, karena implementasi SPIP sangat memerlukan komitmen, teladan pimpinan dan niat yang baik seluruh pejabat dan pegawai instansi pemerintah,"tegasnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru