Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wow. Pantai Arut Tebal Jadi Tempat Favorit Penyu Untuk Bertelur

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 September 2017 - 11:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kawasan pantai yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) rupanya menjadi favorit satwa laut yang dilindungi yaitu penyu untuk singgah dan bertelur.

Bukan hanya pantai di Tanjung Keluang saja yang biasa didarati penyu. Namun kawasan pantai Arut Tebal yang berada di Resort Sungai Cabang, Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) juga menjadi salah satu tempat mendaratnya penyu, khususnya penyu sisik.

Menurut Polhut Pelaksana Lanjutan Balai TNTP Roy Setiawan Kamis (7/9/2017) sebenarnya kegiatan konservasi penyu ini telah dilakukan di Resort Sungai Cabang sejak 2011.

"Resort ini memiliki potensi pantai yang cukup panjang yaitu hampir mencapai 6 km. Indikator kawasan pantai yang masih terbilang alami dibuktikan dengan adanya penyu yang mendarat untuk melakukan proses bertelur di Pantai Arut Tebal," ujarnya.

Roy mengatakan hingga kini lebih dari 400 ekor tukik atau anak penyu sudah dilepasliarkan melalui pantai ini.

"Kegiatan yang biasa dilakukan di resort ini yaitu pengelolaan konservasi penyu melalui peningkatan populasi penyu dibagi menjadi beberapa tahap antara lain mulai dari pencarian telur penyu, patroli sarang penyu, pemindahan atau relokasi telur penyu ke tempat penetasan semi permanen disamping pos jaga. Pemindahan tukik ini bertujuan untuk pemeliharaan dan pembesaran tukik di bak penampungan sampai cukup umur untuk di lepaskan ke laut dan pelepasan tukik ke laut," ujarnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru