Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Saber Pungli Sidak Disdukcapil Kotim, Ada Apa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 September 2017 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten setempat, Kamis (7/9/2017).

Hal itupun membuat sejumlah pihak kaget, karena tim langsung masuk ke ruang pelayanan yang dipadati warga yang tengah mengurus dokumen kependudukan.

Sidak itu dipimpin Ketua Satgas Saber Pungli Kompol MZ Rofik didampingi sejumlah anggotanya yang berasal dari lintas instansi, seperti Kejaksaan dan Satpol Pp.

"Kedatangan kami ke Disdukcapil untuk melihat langsung pelayanan. Dan ini kami lakukan untuk mencegah pelayanan tidak baik kepada masyarakat," ujar Rofik.

Selain itu, ia juga berbincang dengan masyarakat yang ada di tempat tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu apa saja yang menjadi keluhan mereka. Sehingga nanatinya bisa menjadi perhatian bagi para petugas yang bekerja di dinas tersebut. Selain itu, salah satu yang menjadi perhatian adalah kemungkinan adanya praktik percaloan.

Dalam sidak tersebut Rofik didampingi langsung oleh perwakilan yang menjado bagian dari Satgas Saber Pungli, seperti Kejaksaan Negeri, Satpol PP, dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam sidak tersebut, tim juga langsung menanyakan beberapa hal kepada petugas di bagian pelayanan administrasi dan petugas teknis.

"Kami belum menemukan adanya praktik percaloan. Tapi kami tetap melakukan pengawasan, dan juga terus bekerja agar tidak ada peraktik pungli," terang Rofik. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru