Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim Motivasi Pelajar Untuk Berjuang Raih Prestasi

  • Oleh James Donny
  • 08 September 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Komadan Kodim (Dandim) 1011/Kuala Kapuas Letkol Inf. Ahmad Syaikhu mendorong para pelajar di Kabupaten Pulang Pisau pada kegiatan temu pelajar se-Kabupaten Pulang Pisau di GPU handep Hapakat, Jumat (8/9/2017). Kegiatan itu digelar dalam rangka membangun dan mewujudkan generasi Indonesia hebat.

Dandim Letkol Inf. Ahmad Syaikhu menyampaikan beberapa kisah inpiratif kepada pelajar, untuk memotivasi pelajar dalam memulai kehidupan yang penuh perjuangan, diantaranya kisah mengenai ikan salmon.

"Ikan salmon mempunyai cita rasa daging yang lezat dan kaya protein serta memiliki harga jual sangat tinggi, akan tetapi dibalik mahal dan lezatnya daging ikan salmon ini ternyata dalam kehidupannya penuh dengan perjuangan dan mungkin tidak semua orang tahu mengenai hal ini," kata Dandim.

Ia menjelaskan ikan salmon itu bertelur di air tawar bisa sungai atau danau. Setelah menetas, maka ikan salmon akan memulai perjalanannya mencari air asin. Ikan salmon hidup di air tawar hingga persediaan makanan habis. Lalu, ikan-ikan salmon kecil ini pun berenang menuju laut lepas. Dalam perjalanannya, banyak juga ikan salmon yang mati.

Kemudian, lanjut dia, setelah ikan salmon sampai di lautan mereka secara normal bisa hidup 5-7 tahun. Sebagian juga mati dimakan predator dan ganasnya alam laut. Kemudian, setelah cukup dewasa, ikan salmon akan berenang melawan arus sungai untuk kembali ke kampung halamannya untuk bertelur dan berkembang biak. Lalu, siklus pun berulang.

Menurut Dandim, kisah perjuangan ikan salmon juga merupakan gambaran kehidupan manusia. "Dalam kehidupan kita penuh dengan perjuangan dan mengalami jatuh bangun, namun dari pengalaman tersebut kita harus memiliki semangat juang untuk menuju menjadi generasi bangsa yang hebat," kata Dandim.

Menurutnya tantangan yang luar biasa akan terus dihadapi, namun bukan berati itu menjadi halangan untuk berprestasi. "Jangan takut mewujudkan mimpi, karena banyak orang yang telah berjuang melakukan berbagai hal dalam kehidupannya hingga menjadi orang-orang hebat dan menginspirasi banyak orang," ujarnya. (JAMES DONNY/B-8)

Berita Terbaru