Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hama Walang Sangit Serang Lahan Pertanian di Desa Rarawa

  • Oleh Ramadani
  • 08 September 2017 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Hama walang sangit kini menyebar dan menyerang lahan pertanian padi di Desa Rarawa, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara.

Akibat serbuan hama tersebut, petani pun merugi. Tidak hanya di Desa Rarawa, kini hama itu telah menyerang lahan pertanian padi yang berada di sekitar desa tersebut.

Mengetahui adanya serangan hama tersebut, anggota DPRD Barito Utara Henny Roesgiaty Rusli meminta pemerintah kabupaten, terutama Dinas Pertanian, supaya segera mengambil tindakan.

'Hal ini untuk menekan serangan hama walang sangit yang saat ini menyerang tanaman padi di Kabupaten Barito Utara,' ungkapnya, Jumat (8/9/2017).

Ia juga berharap instansi terkait terus memantau serangan hama itu supaya tidak semakin meluas. Pasalnya, walang sangit merupakan hama potensial yang dapat merusak bulir padi pada fase pemasakan. Cara merusaknya dengan mengisap butiran gabah yang sedang mengisi dan ini dapat menyebabkan petani kehilangan panen hingga 50%.

'Sampai sekarang belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama walang sangit,' kata anggota dewan yang membidangi masalah pertanian ini. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru