Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Segera Sekolahkan Perangkat Desa

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 September 2017 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peningkatan sumber daya manusia (SDM) aparatur menjadi fokus Pemprov Kalteng di bawah kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran. Aparatur desa yang selama kurang disentuh dalam hal pembinaan kapasitas, kini bakal menjadi fokus perhatian. Mereka akan segera disekolahkan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng Slamet Winaryo mengatakan, anggaran untuk keperluan itu sudah disiapkan. Rencananya, mulai akhir tahun ini program tersebut sudah bisa dimulai.

"Anggaran dimasukkan pada APBD Perubahan 2017. Sasarannya adalah peningkatan kapasitas sumber daya aparatur di perdesaan bisa kepala desa atau sekretaris desa. Kita sekolahkan mereka untuk bisa kuliah S1," ungkap Slamet kepada Borneonews, Jumat (8/9/2017).

Kalaupun bukan sekdes atau kades, lanjut Slamet, anggaran pendidikan tersebut bisa digunakan oleh perangkat desa lainnya. Intinya adalah bisa mendorong semakin majunya pengelolaan desa berdasar prinsip tata kelola keuangan yang baik. Sehingga diharapkan nantinya tidak banyak kendala pertanggungjawaban kegiatan.

"Kan bisa saja kadesnya sudah tua sehingga tidak memungkinkan misalnya, maka sekdesnya yang masuk kuliah. Kalaupun tidak bisa, ya perangkat desa. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa supaya mendorong desa lebih maju," lanjut dia.

Melihat potensi jumlah desa, Slamet tidak menampik nantinya ada ribuan perangkat desa yang dikuliahkan. Namun untuk jumlah pastinya masih dihitung dengan pihak Universitas Terbuka (UT) selaku pihak yang diajak bekerjasama. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru