Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan SDM Aparatur Desa Komponen Penting Pembangunan

  • Oleh Naco
  • 09 September 2017 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Sinar Kamala menekankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotim untuk melakukan pembinaan terhadap SDM aparatur desa. "Khususnya dalam rangka tata kelola anggaran, agar perjalanannya terlaksana dengan baik," kata Sinar Kamala, Sabtu (9/9/2017).

Politisi partai Golkar ini mengingat dengan adanya anggaran itu selama ini dikelola oleh desa namun berpotensi pada tidak tepatnya pengelolaan anggaran desa sebagai akibat dari kurangnya wawasan tatakelola keuangan desa. Untuk itu lanjutnya, perlu pembinaan secara lebih serius berupa pendidikan dan pelatihan bagi aparatur desa yang dilangsungkan secara sungguh-sungguh, khususnya dalam tata kelola keuangan desa.

Tidak hanya itu Sinar Kamala juga menginginkan pendampingi dilakukan secara intensif dengan tidak meninggalkan kebebasan dan kreatifitas desa mengembangkan program pembangunan desanya. Agar anggaran desa yang saat ini nominalnya sangat besar tersebut bisa terlaksana dengan baik dalam rangka meningkatkan program pembangunan desa yang sudah terarah dan terukur.

Tidak hanya itu, ini juga sebagai upaya untuk menghindari penyalahgunaan anggaran desa, jika SDM perangkat desa sudah mumpuni sebagaimana yang sudah menjadi keinginan bersama. (NACO/B-8)

Berita Terbaru