Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishut Kalteng Distribusikan 90 Unit Motor Dinas Tangani Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 September 2017 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dinas Kehutanan Kalteng mendistribusikan 90 unit motor kepada para kepala desa, lurah dan masyarakat peduli api (MPA) ke 12 daerah di Kalimantan Tengah yang diidentifikasi dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhula), Jumat (9/9/2017).

Motor tersebut khusus digunakan untuk sarana pengendalian Karhutla. Selain 90 unit motor dinas, sarana dan prasarana lainnya yang diberikan yakni 127 unit pompa air jenis Jet Shooter dan 34 tablet yang telah dilengkapi aplikasi peringatan dini.

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Sri Suwanto mengatakan, bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Desa, kelurahan dan MPA yang mendapatkan bantuan itu, pertama Kota Palangka Raya, 8 desa/kelurahan yakni Kereng Bangkirai, Bukit Tunggal, Petuk Bukit, Marang, Tangkiling, Petuk Katimpun, Banturung dan Tahai.

Kedua, Kabupaten Katingan, 4 desa/kelurahan yakni Pendahara, Samba Katung, Kasongan Baru dan Talingke. Ketiga, Kabupaten Gunung Mas yakni di Kurun.

Selanjutnya, Barito Selatan, 4 desa/kelurahan, Madara, Pararapak, Ruhing Raya dan Kalahien. Barito Timur, 2 desa/kelurahan, Bambulung dan Muara Plantau. Barito Utara, 3 desa/kelurahan, Kandui, Pendreh dan Lemo II.

Murung Raya, 2 desa/kelurahan, Bahintom dan Muara Laung. Kotawaringin Barat, 7 desa/kelurahan, Sebuai, Mendawai Seberang, Tanjung Terantang, Kubu, Sungai Bakau, Sungai Tendang dan Baru.

Kotawaringin Timur, 21 desa/kelurahan, Kandang dan Mentaya Seberang. Sukamara, 2 desa/kelurahan, Sungai Pasir dan Karta Mulya. Pulang Pisau, 8 desa/kelurahan, Pangkoh Hilir, Talio, Dandang, Gohong, Tumbang Nusa, Taruna Jaya, Pangkoh Hulu dan Kantan Muara. Terakhir di Kapuas, 3 desa/kelurahan yakni Mantangai Hilir, Muara Dadahup dan Mantangai. (BUDI YULIANTO/B-8)

Berita Terbaru