Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Sekda Kalteng Luncurkan Patroli Terpadu Cegah Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 September 2017 - 17:14 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Mugeni meluncurkan kegiatan patroli terpadu dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kegiatan tersebut tersebut bertepatan dengan penyerahan sarana dan prasarana pengendalian karhutla di halaman Dinas Kehutanan Kalteng, Jumat (9/9/2017).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Mugeni, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan, sejak 1 Agustus, Kalteng sudah dinyatakan siaga darurat. Dia mengingatkan, tim terpadu harus mengefektifkan dan memaksimalkan keberadaan pos komando (Posko) termasuk pusat pengendalian operasi siaga bencara karhutla.

'Penetapan siaga darurat berlangsung 75 hari ke depan dan dapat diperpanjang atau dipersingkat sesuai kondisi di lapangan,' kata Mugeni.

Ia berharap, patroli ini bisa ditindaklanjuti tiap daerah agar penanganan karhutla dapat diantisipasi maksimal. 'Harus tetap waspada meskipun saat ini masih hujan,' pesannya.

Menurutnya, pencegahan merupakan hal yang paling utama dalam menghadapi ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Oleh sebab itu, kerjasama pemerintah provinsi dan kota sangat diperlukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Sri Suwanto mengatakan, patroli terpadu dapat membangun rasa kebersamaan dan tanggung jawab antara unsur-unsur pemerintah seperti, TNI, Polri, Manggala Agni dan lain-lain.

Kemudian unsur dalam masyarakat seperti lembaga desa, kelurahan dan masyarakat peduli api (MPA). 'Besar harapan kami pelaksanaan patroli terpadu dapat digalakan semua unsur baik pemerintah maupun masyarakat sehingga setiap kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat ditangani sedini mungkin,' katanya. (BUDI YULIANTO/B-8)

Berita Terbaru