Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus ADD, Baru Satu Perkara yang Naik

  • Oleh Naco
  • 10 September 2017 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dari sejumlah kasus alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang ditangani penyidik Corp Adyhaksa, baru satu yang naik ke ranah penyidik, yakni Desa Tumbang Bajanei, Kecamatan Telaga Antang.

Sementara, kasus lain yang kini juga jadi tengah bidikan jaksa masih dalam ranah penyelidikan. "Baru satu yang naik, yang lain masih belum," kata Kepala Kejari Kotim melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Hendriansyah, Minggu (10/9/2017).

Kini kasus korupsi ADD Tumbang Bajanei tersebut, jaksa tengah mendalami dengan mengumpulkan alat bukti dan memeriksa para saksi. Agar diketahui siapa yang harus bertanggung jawab dalam kasus itu.

Akan tetapi saat ADD itu digelontorkan, desa tersebut dijabat oleh Pejabat (Pj) soarang PNS dari Kecamatan setempat, mengingat masa jabatan kades defenitif sebelumnya sudah habis. Sampai kini desa itu masih dijabat Pj namun sudah diganti sejak masalah ini jadi temuan.

Kasus ADD yang sudah jadi bidikan jaksa selain Tumbang Bajanei diantaranya kasus ADD Desa Cempaka Putih, Kecaamatan Tualan Hulu, Desa Batuah, Kecamatan Seranau, dan Desa Tumbang Maya, Kecamatan Antang Kalang.

Bahkan empat kasus ADD itu penyidik sudah memeriksa para saksi mulai dari perangkat desa hingga, pejabat instansi terkait. Dari sejumlah kasus itu masuk ke Kejaksaan berdasarkan sejumlah laporan dari masyarakat setempat. (NACO/B-5)

Berita Terbaru