Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Perairan

  • Oleh Uriutu
  • 10 September 2017 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Bupati Barito Selatan (Barsel) Eddy Raya Samsuri mengajak masyarakat menjaga kelestarian sumber daya perairan. Hal tersebut diungkapkannya pada lomba mancing di Desa Danau Sadar, Minggu (10/9/2017).

'Saya mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya perairan dan meningkatkan perhatian untuk menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan,' kata Eddy Raya Samsuri.

Ia mengatakan, hal tersebut agar terpeliharanya sumber daya perairan yang lestari agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan hingga anak cucu nantinya.

Karena itu, lanjut dia, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti alat setrum,potas atau racun ikan dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Apabila menggunakan alat yang berbahaya, maka akan mengakibatkan kerusakan ekosistem serta habitat sumber daya perairan serta dapat merusak alam serta lingkungan.

'Sekali lagi saya tegaskan untuk menangkap ikan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya,' tandas dia.

Pelaksanaan lomba mancing ikan dilaksanakan di Desa Danau Sadar, selain ikannya masih banyak, juga untuk mempromosi kan kembali desa danau sadar yang pernah menjadi tempat lomba dayung tingkat nasional.

Selain itu juga untuk wisata susur danau dan lomba-lomba tradisional lainnya yang betsifat menarik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Di tempat yang sama ketua panitia lomba memancing, Rusdaasoqa mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Barsel yang ke-58.

'Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan promosi dan sekaligus mengajak pecinta mancing ikan dialam agar menjaga kelestarian sumberdaya ikan sehingga tetap lestari dengan menggunakan alat penangkap ikan ramah lingkungan,' ucap dia.

Adapaun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 200 orang. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru