Selasa, 21 November 2017
 

 
Palangka Raya
 

Nelayan

Komisi A Minta Dinas Perikanan Beri Pelatihan pada Nelayan

 
 
Ikan hasil tangkapan nelayan di Kereng Bangkirai yang diolah menjadi ikan asin dan dijual kembali bagi para wisatawan yang datang ke lokasi Wisata Dermaga Kereng Bangkirai.

Ikan hasil tangkapan nelayan di Kereng Bangkirai yang diolah menjadi ikan asin dan dijual kembali bagi para wisatawan yang datang ke lokasi Wisata Dermaga Kereng Bangkirai.

Borneonews / Testi Priscilla


BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Riduanto meminta Dinas Perikanan segera melakukan berbagai pelatihan kepada para Nelayan di Kota Cantik tersebut.

"Kemarin kita sudah reses dan didampingi pegawai Dinas Perikanan juga. Kita mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan salah satunya ialah permintaan masyarakat untuk diadakannya berbagai pelatihan kepada para Nelayan untuk meningkatkan kemampuan," ungkap Riduanto, Senin (11/9/2017).

Riduanto mengatakan, permintaan ini terkesan mendesak karenanya dilabeli dengan kata segera. Artinya pihak DPRD sendiri terutama Komisi A meminta hal ini dilaksanakan.

"Kalau ada program pelatihan di Dinas Perikanan tentang pengelolaan dan pengolahan hasil tangkapan ikan itu langsung saja dilakukan. Masyarakat kalangan nelayan memang membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini," tutur Riduanto.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa memberi pelatihan bukan berarti para Nelayan buta sama sekali terhadap pengelolaan dan pengolahan hasil tangkapan ikan melainlah lebih kepada peningkatan kemampuan terkait kedua hal tersebut.

"Selama ini masyarakat kita kebanyakan hanya mentok menjual hasil tangkapan atau kalau agak banyak hanya dijadikan ikan asin supaya lebih tahan lama. Nah yang kita dan para nelayan mau bagaimana cara lain agar hasil tangkapan itu bisa memberi hasil lebih dalam artian nilai ekonomi yang meningkat bagi para nelayan. Ini yang penting. Kalau hanya mengajari cara mengawetkan hasil tangkapan dengan dijadikan ikan asin kan seperti mengajari ikan berenang namanya. Tapi bagaimana inovasinya, bagaimana teknologi terbaru, ini yang harus diinformasikan kepada para nelayan," tutup Riduanto. (TESTI PRISCILLA/B-5)

BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top