Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi A Minta Dinas Perikanan Beri Pelatihan pada Nelayan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 September 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Riduanto meminta Dinas Perikanan segera melakukan berbagai pelatihan kepada para Nelayan di Kota Cantik tersebut.

"Kemarin kita sudah reses dan didampingi pegawai Dinas Perikanan juga. Kita mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan salah satunya ialah permintaan masyarakat untuk diadakannya berbagai pelatihan kepada para Nelayan untuk meningkatkan kemampuan," ungkap Riduanto, Senin (11/9/2017).

Riduanto mengatakan, permintaan ini terkesan mendesak karenanya dilabeli dengan kata segera. Artinya pihak DPRD sendiri terutama Komisi A meminta hal ini dilaksanakan.

"Kalau ada program pelatihan di Dinas Perikanan tentang pengelolaan dan pengolahan hasil tangkapan ikan itu langsung saja dilakukan. Masyarakat kalangan nelayan memang membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini," tutur Riduanto.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa memberi pelatihan bukan berarti para Nelayan buta sama sekali terhadap pengelolaan dan pengolahan hasil tangkapan ikan melainlah lebih kepada peningkatan kemampuan terkait kedua hal tersebut.

"Selama ini masyarakat kita kebanyakan hanya mentok menjual hasil tangkapan atau kalau agak banyak hanya dijadikan ikan asin supaya lebih tahan lama. Nah yang kita dan para nelayan mau bagaimana cara lain agar hasil tangkapan itu bisa memberi hasil lebih dalam artian nilai ekonomi yang meningkat bagi para nelayan. Ini yang penting. Kalau hanya mengajari cara mengawetkan hasil tangkapan dengan dijadikan ikan asin kan seperti mengajari ikan berenang namanya. Tapi bagaimana inovasinya, bagaimana teknologi terbaru, ini yang harus diinformasikan kepada para nelayan," tutup Riduanto. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru