Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertanian Dan Perdagangan Dominasi Kredit Sektoral di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 September 2017 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Wuryanto, mengatakan bahwa kredit perbankan di Kalteng pada Juli 2017 masih didominasi sektor pertanian dan perdagangan, dengan pangsa masing-masing sebesar 45,97 % dan 12,89%.

"Total nominal kredit di sektor pertanian dan perdagangan pada Juli 2017 masing-masing sebesar Rp19,36 triliun dan Rp5,43 triliun," ungkap dia, Selasa (12/9/2017).

Selanjutnya, sebagian besar kredit perbankan di sektor utama Kalteng mengalami perlambatan di selama Juli 2017. Perlambatan terdalam terjadi pada komponen kredit perbankan di sektor industri pengolahan. Hal ini disebabkan pelunasan sejumlah fasilitas kredit yang digunakan dalam membiayai pembangunan pabrik CPO sejumlah perusahaan besar.

"Dari sisi kualitas pembiayaan sektoral, kredit di sektor pertambangan masih memiliki tingkat kualitas kredit yang paling rendah bila dibandingkan dengan sektor lainnya," ucap lelaki yang akrab disapa Wur ini.

Ia menyebut bahwa NPL kredit di sektor pertambangan pada Juli 2017 sebesar 38,36%. Sebagian besar kredit bermasalah di sektor pertambangan merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank di luar Kalimantan Tengah. Berdasarkan informasi bank penyalur, fasilitas kredit bermasalah diberikan kepada salah satu perusahan tambang batu bara yang saat ini telah tutup.

"Penurunan harga komoditas tambang di pasar global dalam beberapa tahun terakhir menjadi faktor utama perusahaan tersebut menutup usahanya," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru