Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Api Membesar, BNPB Kembali Kerahkan Water Bombing Ke Kotim

  • Oleh Noor Annisa
  • 12 September 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Basirih Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur semakin membesar. BNPB kembali mengerahkan water bombing ke Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Kebakaran lahan di Desa Basirih sudah terdeteksi sejak kemarin, namun tim satuan tugas Kotim yang berusaha memadamkan api terkendala sulitnya akses menuju titik api melalui jalur darat.

Wakil Korlap 2 Posko Siaga Daurat Bencana Asap Karhutla Kabupaten Kotim, Sutoyo menginformasikan secara rutin kegiatan posko hingga hari ini. Ia menyampaikan, lokasi hotspot di Desa Basirih Hilir sampai saat ini belum bisa dipadamkan dan menurut pantauan, api semakin membesar.

"Malah tambah besar, sehingga dikerahkan water bombing siang ini sekitar jam 11.00 WIB," ujarnya, Selasa (12/9/2017).

Lebih lanjut, dia mengatakan, sebagian dari kekuatan posko gabungan Kabupaten Kotim dan posko gabungan kecamatan juga dikerahkan untuk memadamkan api dan untuk di daerah yang tidak bisa dijangkau melalui jalur darat dilakukan water bombing oleh pihak posko provinsi. "Untuk luasan lahan yang terbakar belum diketahui, kita masih dalam proses pemadaman," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-2)

Berita Terbaru