Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Samba Berwarna Kuning Bercampur Lumpur

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 September 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Anggota DPRD Katingan Karyadi mengaku prihatin sekaligus heran ketika mendapati air Sungai Samba di bagian Utara atau hulu Kabupaten Katingan berwarna kuning bercampur lumpur. Air ini selanjutnya mengalir di daerah aliran sungai (DAS) Katingan.

"Padahal kemarin air sungai itu sempat surut, kini kembali meninggi, tapi warnanya yang aneh tidak wajar yaitu kuning dan bercampur lumpur," sebut Karyadi dalam rilisnya yang diterima borneonews.co.id, Selasa (12/9/2017).

Hal demikian, ujar politisi Demokrat ini tidak seperti biasanya saat air naik dari permukaan sungai. Pertanyaannya adalah apakah ini merupakan fenomena alam di Sungai Katingan atau memang ada hal lain

Karyadi yang juga Ketua Komisi I DPRD Katingan ini menuturkan, Katingan memang masih memiliki kawasan-kawasan hutan yang belum terjamah, salah satunya kawasan lindung Bukit Raya dan Bukit Baka. "Namun tidak juga kita pungkiri bahwa di sekitar taman Nasional tersebut masih aktif beberapa pemegang IUPPHK (izin usaha pemanfaatan Hasil Hutan Kayu). Selain itu juga ada beberapa pemegang IUP (Perkebunan) dan KK Pertambaganm," kata dia.

Karyadi juga mengatakan, ada juga masyarakat yang berusaha melakukan penambangan pada daerah aliran sungai sebagai mata pencaharian guna mendapat sesuap nasi.

Pasalnya, memang sumber usaha lainnya belum ada. Dan ini pun berkaitan dengan anjloknya harga beberapa komoditas hasil perkebunan seperti karet dan rotan. "Saya sendiri belum melihatnya secara langsung, setelah melihat foto yang ditunjukan tadi benar ternyata, dan saya pun telah mengonfirmasikan ini dengan beberapa sahabat-sahabat yang bermukim di wilayah Utara," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru