Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Imbau Warga Waspadai Diare dan Infeksi Pernafasan

  • 12 September 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas mengimbau warga agar mewaspadai penyakit diare dan infeksi saluran pernafasan saat musim pancaroba seperti ini, terutama bagi anak-anak. Imbauan itu disampaikan Kepala Dinkes Kapuas Apendi saat ditemui Borneonews di kantornya, Selasa (12/9/2017). "Anak-anak harus konsusmsi makanan yang bergizi dan heginis,karenan berkaitan dengan kesehatan lingkungan," kata Apendi.

Ia menegaskan pada musim pancaroba, warga di daerah pasang surut harus waspada. Pasalnya, warga di kawasan ini banyak terserang diare pada saat musim seperti ini.

Saat ini, lanjut Apet, pihaknya telah menyebarkan imbauan di internal Dinkes Kapuas, untuk melakukan peningkatan penyuluhan mengenai adanya perubahan cuaca melalui puskesmas dan pustu. "Saat ini kita akan lakukan persiapan obat-obat diare dan infus, nantinya akan disalurkan kedaerah yang rawan terjadinya diare saat cuaca ekstrim," terang dia.

Apendi juga mengingatkan agar para orangtua memperhatikan anak-anaknya saat terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya, anak-anak rawan terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

"Kami sudah menyediakan sekitar 5000 masker bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mengantisipasi dampak karhutla bagi kesehatan masyarakat," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru